Mengukur Ketinggian Melempar

Banyak cabang olahraga yang memerlukan keterampilan melempar bola tinggi ke udara. Namun sulit bagi kita untuk mengukur berapa kemampuan tingginya bola yang telah kita lempar ke udara tersebut. Unuk menjawab ini, cobalah kegiatan berikut :

Lemparkan bola setinggi mungkin, sementara itu catatlah waktu antara saat lepas bola dari tangan sampai bola tersebut jatuh kembali ke tanah. Ulangi beberapa kali gerakan ini, kemudian lakukan kalkulasi waktu yang terlama bola di udara. Selanjutnya catat waktu tersebut, kemudian kita lanjutkan dengan menghitung ketinggian yang dicapai oleh bola tersebut. Kita umpamakan waktu bola di udara tersebut mencapai waktu 3,2 detik, maka ketinggian yang dapat dicapai oleh bola tersebut sebagai berikut :

a) waktu bola yang dibutuhkan bola tersebut untuk naik dan turun, yakni 3,2 detik, dibagi 2 untuk memperoleh bola naik, yaitu 1,6 detik; b) kuadratkan waktu tersebut, yaitu 1,6 x 1,6 = 2,56 detik; dan c) kalikan hasil itu dengan angka 4,9 untuk memperoleh ketinggian rata-rata yang dicapai bola tersebut, 2,56  4,9 = 12,5 meter.

  • Penjelasan

Ketika kita melempar bola ke udara, gravitasi bumi beraksi untuk menarik bola tersebut kembali ke bumi. Gravitasi menyebabkan benda bergerak lebih lambat ketika benda itu menjauhi bumi dan gravitasi membuat benda bergerak lebih cepat ketika benda itu bergerak menuju bumi. Ketika melempar bola ke atas dengan kecepatan tertentu, maka gravitasi mulai memperlambat gerak bola sampai akhirnya menghentikan laju bola ke atas tepat pada waktu bola itu mencapai titik tertinggi dari lemparan itu. Gravitasi kemudian menyebabkan bola jatuh kembali ke tanah. Semakin cepat bola bergerak semakin lama bola itu jatuh. Bola bergerak lebih cepat saat jatuh, maka bola akan jatuh lebih jauh untuk setiap detiknya.

Hubungan matematika antara jarak yang ditempuh bola dengan waktu bola jatuh adalah d = (0,5a) x t2. Penjelasan Rumus tersebut adalah Jarak Benda Jatuh = 0,5 percepatan akibat dari gravitasi x waktu benda jatuh di kuadratkan). Semakin cepat melempar bola, semakin tinggi pula bola tersebut melesat dan semakin lama pula bola itu ditarik oleh gravitasi untuk kembali ke tanah.

  • Fakta

Dalam olahraga tidak semua cabang menggunakan bola dalam melempar. Pada Olimpiade musim panas, terdapat empat macam lomba melempar, yaitu lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru dan lontar martil. Di Inggris, bahkan terdapat cabang olahraga yang melemparkan sepatu boot karet merk terkenal, ukuran 8. Rekor tertinggi yang pernah dibuat orang dalam lomba melemparkan sepatu boot karet ini adalah 52,3 meter (173 kaki). 

Reference

Wiese, J. Alih bahasa Herudjati Purwoko, Ph.D, 2005. Sains dalam Olahraga, 40 Kegiatan Pencetak Gol, Peraih Sukses, dan Pemenang Medali untuk Anak-anak, Cetakan kedua, hal 20 – 22, Pakar Raya : Bandung

701 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − one =