Gerakan Donor Darah Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah

17021462_1848954138718360_4754694070101824746_n

Darussalam – Tahun 2017 tepatnya Jum’at tanggal 03 Maret untuk kesekiankalinya Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Olahraga (HIMADIRGA) melakukan kegiatan donor darah rutin yang bertempat di Lobby FKIP Unsyiah, kegiatan tersebut berlangsung setelah kegiatan senam rutin mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah, kegiatan yang diprakarsai oleh Motivator Donor Darah sejak tahun 2013 yaitu bapak Drs. Abdurrahman, M.Kes tersebut telah menjadi agenda rutin Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah setiap tahunnya, dengan mengambil tema Aksi Donor Darah Patriot Olahraga “Share Your Blood Save Our Life” kegiatan tersebut telah mengumpulkan sebanyak 120 kantong darah, turut hadir Wakil Dekan 2 FKIP Unsyiah sekaligus dosen Program Studi Penjaskesrek Bapak Drs. Abdurrahman, M.Kes, Bapak Ketua dan Sekretaris Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah dan beberapa dosen lainnya.

donor

Turut Mendonorkan Darahnya Ketua, Sekretaris dan Dosen Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Bapak Drs. Muhammad Jafar, M.Pd, Bapak Ifwandi, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Zahara, S.Pd., M.Pd.

donor d

Lobby FKIP Unsyiah Lokasi Kegiatan Donor Darah Rutin Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah

Donor darah selain dapat membantu sesama manusia juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita sendiri sebagai pendonor, Adapun manfaat dari donor darah seperti yang dikutip dari Boldsky yaitu:

  1. Mengurangi penyakit jantung, Salah satu manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan Anda menderita penyakit jantung.
  2. Membakar kalori, Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Tidak percaya? Bayangkan saja, ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, maka Anda pun kehilangan sekitar 650 kalori.
  3. Menurunkan risiko kanker, Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.
  4. Meningkatkan produksi darah, Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.
  5. Pikiran lebih stabil, Apakah Anda tahu bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Dengan mendonorkan darah, akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.
  6. Bagian dari periksa kesehatan, Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.
  7. Menjadi lansia yang sehat, Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.
  8. Menurunkan kolesterol, Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

94 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =