Mantan Ketua Prodi

Drs. Agussalim

Drs. Agussalim merupakan Dosen pertama yang membuka Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Namun sebelumnya beliau merupakan guru Sekolah Guru Pendidikan Djasmani (SGPD) Banda Aceh, kemudian beliau pindah menjadi guru pada Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama (PGSLP)dan Sekolah Menengah Olahraga tingkat Atas (SMOA) Banda Aceh yang mengajar pada Bidang Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Selanjutnya PGSLP dan SMOA ditutup dan lahirnya Sekolah Guru Olahraga (SGO).


Pada masa itu beliau dipindah menjadi guru yang mengajar di SGO. Setelah punya pengalaman yang cukup bagus, kemudian beliau pindah kembali menjadi Pegawai pada Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Bersamaan dengan itu, beliau juga menjadi Dosen Luar Biasa pada Program Diploma II Pendidikan Guru Olahraga FKIP Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 1984 dengan keberaniannya beliau membuka jenjang pendidikan sarjana untuk Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Unsyiah. Calon mahasiswa pertama beliau merekrut dari mahasiswa Program Studi Diploma III Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Unsyiah. Pada saat itu, terdapat 17 orang mahasiswa yang berkenan untuk pindah ke jenjang S-1, dan mahasiswa tersebutlah merupakan modal pertama untuk pengembangan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah seperti sekarang ini.

Pada waktu itu yang menjadi dosen untuk proses perkuliahan yang baru dibentuknya diminta kesediaan Alumni FPOK Medan, yaitu saudara Drs. Nuzuli, dengan didampingi oleh dosen luar biasa yang berasal dari Kanwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, dan Guru-guru SGO. Drs. Nuzuli, kemudian diangkat sebagai dosen pertama pada Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah pada bulan Maret 1986, setahun berikutnya diangkat Drs. Saifuddin sebagai dosen pada bulan Maret 1987 dan pada bulan Februari 1990, kembali diangkat Drs. Muhammad Jamil sebagai dosen yang ketiga.


Drs. Nuzuli, M.S

Setelah Drs. Agussalim meninggal karena penyakit komplikasi yang dideritanya, maka Drs. Nuzuli, MS ditunjuk untuk menggantikan beliau sebagai ketua program studi periode selanjutnya. Berikut ini redaksi menulis biodata singkat beliau. Beliau memiliki nama lengkap Drs. Nuzuli, MS., dilahirkan di Lhoksukon pada tahun 1961. Mengajar pada program studi ini sejak tahun 1985. Pada Tahun 1986 beliau diangkat menjadi Dosen dengan Nomor Induk Pegawai 131 602 954 (NIP ini berubah menjadi 19611131 198603 1 019). Saat sekarang telah memilki Pangkat Pembina Utama Muda dengan Golongan IV/c. Beliau bertempat tinggal Jalan Jumpa No.5 Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng. Telah memiliki putra Harry Asharly, dan 2 orang putri yang bernama Karlina Mutia dan Nadila Natassa dari perkawinan beliau dengan Ibu Herlina.

Riwayat pendidikan beliau sebagaimana yang dituturkan melalui curriculum vitae, yakni pada tahun 1973 beliau telah menamatkan SD Negeri 1 Lhoksukon, kemudian menamatkan SMP Negeri 1 Lhoksukon pada tahun 1976, selanjutnya pada tahun 1980 beliau telah menamatkan SMA Negeri Lhoksukon. Pada 1985, beliau telah mampu menamatkan Sarjana Pendidikan Olahraga dari Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP Negeri Medan. Kemudian menamatkan program pascasarajana dari Program Ilmu Kesehatan Olahraga Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 1992 dengan gelar akademik Magister Sains (MS).


Dr. Saifuddin, M.Pd.

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah setelah masa jabatan ketua program studi periode 1992-1997, kemudian dipimpin oleh Drs. Saifuddin, M.Pd. Beliau hanya dapat memimpin program studi ini selama 1 tahun, selanjutnya beliau melanjutkan studi pada program Doktor di Universitas Negeri Jakarta. Beliau dilahirkan di Aceh Besar tanggal 5 Mei 1958, diangkat menjadi dosen pada tahun 1987 dan memiliki Nomor Induk Pegawai 19580505 198703 1 005. Pada saat saat ini telah memiliki pangkat Pembina Tk.1 Golongan IV/b dan jabatan fungsional Lektor Kepala dalam mata kuliah Psikologi Olahraga. Bertempat tinggal di Jl. Makam T. Nyak Arief No. 1 Desa Lamreung Kabupaten Aceh Besar. Pendidikan sarjana beliau tamatkan pada tahun 1985 pada Jurusan Pendidikan Olahraga IKIP Yogyakarta, pada tahun 1994 telah mampu menamatkan program pascasarjana (S-2) di IKIP Jakarta dan pada tahun 2011 telah menamatkan jenjang pendidikan doktor (S-3) di Universitas Negeri Jakarta pada Jurusan Pendidikan Olahraga.


Drs. Syamsyulrizal, M.Kes.

Sepeninggalan Dr. Saifuddin, M.Pd. yang melanjutkan studi ke jenjang pendidikan doktor (S-3), selanjutnya ketua program studi dipilih Drs. Syamsulrizal, M.Kes sebagai ketua program studi periode 1997-2002. Adapun biodata lengkap beliau dapat pembaca lihat berikut ini : Drs. Syamsulrizal, M.Kes, Nomor Induk Pegawai beliau adalam 19670130 199203 1 003, Beliau Lahir di Desa Lambirah, Sibreh pada Tanggal 30 Januari 1967Pada saat saat ini telah memiliki pangkat Pembina, IV/a Jabatan Fungsional : Lektor Kepala dalam Mata Kuliah Ilmu Kepelatihan

2. Riwayat Pendidikan

  1. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sungai Limpah tamat tahun 1979
  2. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jeureula (Sibreh) tamat tahun 1982
  3. Sekolah Menengah Tingkat Atas Negeri Sibreh tamat tahun 1985
  4. Sarjana Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah tamat tahun 1991
  5. Pascasarjana (Magister Kesehatan Olahraga) Universitas Padjadjaran Bandung tamat tahun 1996

Periode kepemimpinan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah, pada masa ini berubah untuk pertama kali menjadi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK) mempayungi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek). Pada saat itu untuk pertama diangkat Drs, Nuzuli, MS sebagai Ketua Jurusan POK dan Sekretarisnya ditugaskan pada saudara Drs. Sukardi Putra, M.Kes. Ketua dan Sekretaris JPOK juga merangkap sebagai ketua dan sekretaris program studi. Pengangkatan ketua dan sekretaris didasari oleh Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor : 025 Tahun 2003 tanggal 8 Januari 2003.


Drs. Sukardi Putra, M.Kes.

Setelah masa tugas yang diberikan kepada Drs. Syamsulrizal, M.Kes, selanjutnya melalui pemilihan yang dilakukan oleh semua Dosen Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah, maka terpilih Drs. Sukardi Putra, M.Kes dan Zulfikar, S.Pd., M.Kes sebagai Ketua dan Sekretaris Program Studi yang baru untuk periode 2005 s.d 2009. Pada pemilihan ini pula mulai terbentuk posisi Sekretaris Program Studi. Adapun profil beliau sebagai mana yang tertera dibawah ini :
Nama                           : Drs. Sukardi Putra, M.Kes
NIP/NIK                       : 19640410 199203 1 001
Tempat/Tanggal Lahir : Kamp. Baru 10 April 1964
Agama                         : Islam
Pangkat/Golongan      : Pembina/(IV/a)
Jabatan Fungsional     : Lektor Kepala
Perguruan Tinggi         : Universitas Syiah Kuala
Alamat                          : FKIP Universitas Syiah Kuala Darussalam B. Aceh
Telp/Faks                     : (0651) 7552407
Alamat                          : JL. Tengku Dibaroh Dusun Melati Ie-Masen Uleekareng Banda Aceh
E-mail                           : sukardi_pjkr@yahoo.co.id


Drs. Zulfikar, M.Kes.

Pada saat pemilihan pimpinan program studi tersebut, juga untuk pertama kali dipilih jabatan sekretaris program studi. Hasil pemilihan sekretaris terpilih saudara Zulfikar, S.Pd., M.Kes sebagai Sekretaris yang pertama. Adapun profil beliau sebagaimana yang termuat berikut ini :
Nama                             : Zulfikar,S.Pd., M.Kes
NIP/NIK                         : 19670630 1994041 001
Tempat/Tanggal Lahir   : Aceh Utara, 30 Juni 1967
Jenis Kelamin                : Laki-laki
Status Perkawinan        : Kawin
Agama                           : Islam
Pangkat/Golongan        : Pembina/(IV/a)
Jabatan Fungsional      : Lektor Kepala
Perguruan Tinggi          : Universitas Syiah Kuala
Alamat                           : FKIP Universitas Syiah Kuala Banda. Aceh
Alamat                           : JL. Lamgapang No. 2 B Kec Krueng Barona Jaya Aceh Besar


Pimpinan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Periode 2009 s.d 2013 selanjutnya diserahkan kepada Sdr. Drs. Abdurrahman, M.Kes sebagai Ketua dan Drs. Muhammad Jafar, M.Pd. sebagai Sekretaris. Pimpinan Program Studi ini tetap dipilih melalui mekanisme pemilihan langsung yang dilakukan berdasarkan hasil musyawarah secara demokratis. pada Kepemimpinan Beliau Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Mencapai Puncak Kejayaan dengan Mendapatkan Peringkat Akreditasi “A” (SANGAT BAIK) Berikut ini kami sajikan profil masing-masing pimpinan program studi tersebut.

Drs. Abdurrahman, M.Kes.
Nama                                             : Drs. Abdurrahman, M.Kes;
Tempat dan Tanggal Lahir             : Lhoksukon, 5 Maret 1968;
NIP                                                 : 19680305 199303 1 005;
Pangkat/Jabatan Fungsional         : Pembina; Golongan IV/a/Lektor Kepala
Lulus Sertifikasi Dosen                  : Tahun 2009
Agama                                            : Islam
Tinggi Badan                                  : 165 cm
Berat Badan                                   : 70 kg
Alamat                                            : Jl. Jeumpa No. 3 A, Komplek Mini Sektor Timur, Kopelma Darussalam, Telp. 0651 7551320;
E-mail                                             : rahman_jpok@yahoo.com
Website                                          : rahmanjpok.blogspot.com


Drs. Muhammad Jafar, M.Pd.
Nama                                         : Drs. Muhammad Jafar, M.Pd
Tempat dan Tanggal Lahir         : Pidie, 31 Desember 1968
NIP                                             : 196801231 199403 1 013
Pangkat/Jabatan Fungsional     : Pembina Utama/IV/a/Lektor Kepala
Lulus Sertifikasi Dosen              : Tahun 2010
Agama                                        : Islam
Tinggi Badan                              : 165 cm
Berat Badan                               : 71 Kg
Alamat                                        : Jl. Putri Meureundam Dewi No. 17 Gampong Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh


Pimpinan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Periode 2013 s.d 2017 selanjutnya diserahkan kepada Sdr. Drs. Muhammad Jafar, M.Pd. sebagai Ketua, beliau merupakan Sekretaris Program Studi Terdahulu yang dipercayakan sebagai Ketua Program Studi Selanjutnya dan Sdr. Ifwandi, S.Pd., M.Pd. sebagai Sekretaris. Pimpinan Program Studi ini tetap dipilih melalui mekanisme pemilihan langsung yang dilakukan berdasarkan hasil musyawarah secara demokratis. Berikut ini kami sajikan profil masing-masing pimpinan program studi tersebut.

Drs. Muhammad Jafar, M.Pd.
Nama                                         : Drs. Muhammad Jafar, M.Pd
Tempat dan Tanggal Lahir         : Pidie, 31 Desember 1968
NIP                                             : 196801231 199403 1 013
Pangkat/Jabatan Fungsional     : Pembina Utama/IV/a/Lektor Kepala
Lulus Sertifikasi Dosen              : Tahun 2010
Agama                                        : Islam
Tinggi Badan                              : 165 cm
Berat Badan                               : 71 Kg
Alamat                                        : Jl. Putri Meureundam Dewi No. 17 Gampong Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh

Ifwandi, S.Pd., M.Pd.

Nama                           : Ifwandi, S.Pd., M.Pd.
Tempat/Tanggal Lahir : Krueng Kalee, 19 Juni 1975
NIP                              : 19750613 2000003 1 001
Pangkat/Golongan      : Penata Tk.1/III/d
Jabatan Fungsional    : Lektor
Agama                        : Islam
Tinggi Badan              : 170 Cm
Berat Badan               : 71 Kg
Alamat                        : Desa Krueng Kalee Kabupaten Aceh Besar

 


1,135 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini