Sejarah Program Studi

Beranjak dari UU No. 20/2003 tentang SPN pendidikan profesi adalah pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Dengan demikian program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk lulusan S-1 Kependidikan dan S1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru, serta mereka dapat menjadi guru yang profesional sesuai dengan standar nasional pendidikan dan memperoleh sertifikat pendidik.

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi merupakan bidang studi yang bernaung dibawah LPTK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala yang berdiri sejak tahun 1985, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala nomor 70 Tahun 1985 tanggal 20 September 1985 mengangkat Ketua Program Studi Pendidikan Olahraga yang pertama, atas nama saudara Drs. Agussalim Nip. 130 054 925. Pada masa itu juga diterima mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Tahun Akademik 1984/1985. Dengan Jumlah Tenaga Pengajar 2 (dua) orang dan dibantu oleh tenaga Dosen Luar Biasa Alumnus FPOK/STO dari SGO Negeri Banda Aceh. Seluruh Dosen Luar biasa tersebut pada saat sekarang telah menjadi Tenaga Pengajar S-1 PGSD FKIP Unsyiah.

            Dalam perjalanannya Program Studi ini telah berubah nama menjadi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Pada masa mulai terbentuknya Program Studi ini bernaung dibawah Program Studi Ilmu Pendidikan, namun upaya peningkatan kualitas program tidak pernah terhenti, maka pada tanggal 8 Januari 2003 Nomor 025 Tahun 2003 melalui  Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Program Studi Ilmu Pendidikan tidak menjadi lagi sebagai Induk Program Studi, akan tetapi Program studi ini berdiri pada Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Pada tahun 2007 Program Studi Penjaskesrek berubah lagi menjadi Program Studi Penjaskesrek yang bernaung langsung di bawah payung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

            Peningkatan mutu kelulusan dan citra akademis, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi mulai sejak tahun akademik 2000/2001 diberi kesempatan untuk merekrut mahasiswa melalui jalur Undangan Siswa Masuk Perguruan Tinggi (USMU), Ujian Masuk Bersama (UMB), SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional) dan Jalur Mandiri. Jumlah penerimaan mahasiswa melalui jalur USMU berkisar  40 (empat puluh) orang/tahun, SNMPTN sebanyak 45 (empat puluh lima) orang /tahun dan mandiri sebesar 60 (enam puluh) orang/pertahun. Saat sekarang jumlah mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah semakin hari semakin meningkat.

 

620 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini